Rabu, 11 Januari 2012

Cara Cek Ongkir dan Melacak Kiriman JNE

Bisnis online tentu sangat membutuhkan jasa ekspedisi/pengiriman barang. Entah itu via pos, tiki, jne, fedex, dan jasa-jasa ekspedisi lainnya yang sudah menjamur saat ini. Namun, tentu kita menginginkan agar jasa-jasa ekspedisi tersebut bisa memberikan info update (sampai dimana dan kapan barang sampai di tujuan) dan juga akses web yang lancar.

Berikut tips cek ongkir dan bagaimana cara melacak kiriman ekspedisi, (disini contohnya via JNE yach, yang biasanya di pake soalnya). 
  1. Silakan kunjungi web JNE
  2. Jika web tersebut susah diakses (karena mungkin lagi dalam perbaikan server atau masalah internal yang lain) coba kunjungi web alternatifnya yaitu http://ongkir.info/. Setelah masuk web  http://ongkir.info/, Anda akan disuguhkan dua tampilan utama sebagai berikut:
Ada dua layanan utama yaitu : Layanan Cek Ongkir dan Layanan Pelacakan Status Kirim, yang semuanya terintegrasi dengan database JNE.


Sekarang kami sharing untuk tips cek ongkir :
  1. Silakan ketikkkan 3 HURUF DEPAN/AWAL Kota Asal Pengiriman di kotak/field Daerah Asal : otomatis akan muncul filter beberapa kota, silakan pilih kota/daerah sesuai daerah asal pengiriman
  2. Untuk mengisi kotak/field daerah tujuan petunjuknya sama dengan poin pertama yaitu ketikkkan 3 HURUF DEPAN/AWAL Kota Tujuan Pengiriman  : otomatis akan muncul filter beberapa kota, silakan pilih kota/daerah sesuai daerah tujuan pengiriman.
  3. Kemudian isi berat sesuai berat produk yang akan dikirim dalam ukuran gram
  4. Terakhir, klik tombol cari : jika tidak ada masalah pada akses web, Anda akan disuguhkan info ongkir JNE baik tarif OKE, REG, SS, dan YES.

Setelah Anda mengetahui ongkir sesuai keinginan Anda, langkah selanjutnya Anda melakukan pengiriman via ekspedisi JNE. Setelah melakukan pembayaran, biasanya Anda akan diberikan airway bill (semacam struk). Nah, di airway bill tersebut Anda akan diberikan juga airway bill number yang ada di sisi kanan atas. Airway bill number ini berguna untuk melacak pengiriman ekspedisi JNE. 

Untuk melacak status pengiriman Anda, silakan ketikkan airwaybill number tersebut ke kotak/field nomor resi pengiriman, lalu klik lacak kiriman. Seandainya ditemukan error pada database, maka kemungkinan ada layanan di JNE yang sedang diperbaiki.

Bagaimana jika dengan web  http://ongkir.info/ pelacakan  tetap bermasalah dan tidak bisa akses data ?
Ada dua solusi :
  1. Memakai layanan SMS tracking JNE, formatnya : airwaybill number, tanggal kirim, nama pengirim + no telepon, nama penerima, alamat, isi kiriman, lalu kirim ke 08121181732. Nomor ini hanya dapat digunakan untuk SMS, bukan untuk komunikasi telepon.
  2. Telepon agen JNE asal atau agen JNE tujuan, tanyakan status barang sampai dimana.

Semoga tips nya bermanfaat, dan ini bukan media promosi lho, karena ya taunya JNE karena biasanya pake JNE untuk pengiriman barang2 di Widad Collection. Have a nice delivery:)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar