Rabu, 19 Oktober 2011

Cincin Kawin Putri Sultan

Pernikahan Agung ala Royal Wedding yang digelar oleh Kesultanan Yogyakarta selesai digelar kemarin. Selama beberapa hari hampir ruas-ruas jalan utama sepanjang Keraton Yogyakarta ditutup untuk prosesi dan ritual pernikahan. Bahkan di ruas jalan malioboro pun digelar 100 Angkringan Gratis bagi masyarakat untuk menyambut suka cita Keraton.

Tetapi ada yang menarik dibalik kemewahan pernikahan yang digelar oleh Sultan, yaitu cincin pernikahan yang digunakan sebagai cincin kawin kedua mempelai.

Menurut Jeng Reni, panggilan akrab GKR Bendara putri bungsu Sultan Hamengku Buwono X, tidak ada istilah tukar cincin dalam adat perkawinan di keraton. Maka dari itu tukar cincin akan dilakukan setelah menikah.

Cincin kawin yang digunakan adalah sepasang cincin emas putih dengan desain simpel dengan berat 15 gram. Cincin itu bertabur berlian 1 karat, dengan kualitas berlian F Colour dan very very slightly included (VVS) Clarity. Berlian ini disediakan khusus dari Eropa. Kualitas berlian F Colour VVS Clarity itu merupakan tingkat kejernihan berlian yang tertinggi. Harga berlian per karat 300 dollar AS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar