Senin, 09 Januari 2012

Cara Membuat Keyword Agar Mudah dikenali Google


Menentukan keyword yang efektif dalam deskripsi produk toko online Anda adalah cara terbaik untuk mendapatkan pembeli dari mesin pencarian (search engine) seperti google.

Agar tampak sederhana dan mudah, berikut tips membuat keyword efektif untuk deskripsi produk toko online Anda dengan cara menjawab 12  pertanyaan berikut ini :
  1. Apa  produk Anda ? misal komputer, perhiasan, baju dewasa, madu, dll
  2. Apa jenis/spesifikasi produk Anda ? misal lengan pendek untuk kemeja, jilbab kaos, madu hutan/ternak
  3. Untuk siapa produk Anda ? pria, wanita, ana, bayi, dewasa, guru, siswa, peliharaan, dll
  4. Apa bahan utama produkAnda ? sutera/katun (pakaian), emas berapa karat (perhiasan), habbatussauda/campuran zaitun (herbal)
  5. Apa warna utama dari produk Anda ? merah, ungu, dll jika ada lebih dari satu warna sebaiknya satu produk satu warna dalam satu foto, sedangkan warna yg lain Anda buat lagi foto produk yang baru (jangan dicampur.
  6. Sebutkan metode/teknik yang digunakan untuk membuat produk Anda ! misal : dijahit tangan (pakaian spesial), digoreng/dikeringkan (makanan), dll
  7. Dimana biasanya produk Anda digunakan ? misal : di dapur, di ruang tamu, di mobil, di kantor, dll
  8. Berapa ukuran produk Anda ? berat, panjang, volume, S, M, L, XL, dll
  9. Apakah produk Anda mengikuti suatu mode ? feminim, gaul, trendy, resmi, dll
  10. Apakah ada nilai khas/benefit dari produk Anda ? unik, khasiat, cara pemakaian, catt: utk khasiat herbal sebaiknya mengikuti aturan dan petunjuk BPOM RI
  11. Adakah istilah yang lebih mempopulerkan deskripsi produk Anda ? misal toddler untuk istilah anak usia 18 bulan hingga 3 tahun, infant utk istilah utk bayi
  12. Apa aroma/rasa produk Anda ? harum, wangi, manis, asam, dll
Perlu diketahui bersama bahwa 12 poin di atas bukanlah sebuah batasan. Anda bisa mengembangkan kreativitas dan ide Anda untuk menentukan keyword yang efektif untuk deskripsi produk toko online Anda. Agar lebih membantu Anda, silakan akses :
https://adwords.google.com/select/KeywordToolExternal 
untuk mencari keyword yang sering dicari orang di dunia, khususnya Indonesia. Juga tak kalah pentingnya juga mengakses www.google.co.id/trends agar Anda mengetahui topik-topik apa saja yang baru nge-tren dalam waktu dekat ini.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat !

Sumber : www.bursamuslim.com (member sejak 28 Juli 2011)
ref : blognya etsy , SEO on pages ebook

2 komentar: